Minggu, 22 September 2013

Jenis dan Fungsi Akar


1.        Akar Gantung
Akar ini tumbuh dari bagian batang tumbuhan di atas tanah. Akartersebut menggantung di udara, tumbuh ke arah tanah. Akar ini disebut juga akar hawa. Akar ini berfungsi menghisap udara untuk pernapasan.
2.        Akar Napas
Contoh akar napas adalah akar pohon kayu api. Akar napas tumbuh tegak lurus ke atas. Akar ini muncul ke permukaan tanah atau air. Akar napas ada yang dimiliki oleh tumbuhan air maupun darat. Akar napas merupakan cabang-cabang akar yang memiliki banyak celah. Celah ini sebagai jalan masuk udara untuk pernapasan.
3.        Akar Pelekat
Contoh akar pelekat adalah akar pohon sirih. Akar pelekat tumbuh pada buku-buku batang. Akar jenis ini dimiliki oleh tumbuhan-tumbuhan yang merambat/memanjat.
4.        Akar Banir
Akar ini banyak terdapat pada tumbuhan jenis tropik.yaitu sebagai pengkokoh berdirinya suatu pohon,biasanya pohon yg memiliki akar banir adalah pohon - pohon besar.
5.        Akar Penghisap
Akar ini terdapat pada tumbuhan jenis parasit seperti benalu.berguna sebagai alat penghisap dari tumbuhan seperti benalu terhadap inang yang ditumpanginya.
6.        Akar Tunjang
Contoh akar tunjang adalah akar pohon pandan dan bakau. Akar ini berguna untuk menunjang batang agar tidak rebah. Akar ini tumbuh dari bagian bawah akar ke segala arah.
7.        Akar Pembelit
Akar pembelit berkembang pada tumbuhan yang memanjat seperti pada vanili (Vanilla planifolia). Mirip dengan akar pembelit adalah akar pelekat. Akar pelekat muncul dari buku-buku batang tumbuhan memanjat. Contohnya adalah tumbuhan sirih (Piper betle), lada (Piper nigrum) dan anggrek. Akar tersebut berfungsi melekatkan batangnya pada pohon inang. Alat pembelit selain akar adalah sulur pada tumbuhan bersulur.
8.        Akar Lutut
yaitu bagian akar yang tumbuh ke atas lalu membengkok lagi masuk kedalam tanah. Akar ini berfungsi seperti halnya dengan akar nafas yang terdapat pada tumbuhan di tepi pantai yang rendah berlumpur. Misal pada pohon tanjang (Bruguiera parivolia W. Et A.).









TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Ditulis oleh Sultan Arief Pakaya Semoga bermanfaat bagi anda sekalian

1 komentar:

jaeleayannone mengatakan...

Find all the best slot machines - Dr.MCD
Try your luck at 전라남도 출장안마 online 밀양 출장안마 casino games 광주 출장샵 like roulette, 보령 출장샵 blackjack, 당진 출장샵 craps, keno and so much more. Find your favorite games here.